Wednesday, March 30, 2016

Mom Tips : Waras Ketika Anak Sakit

Siapa sih yang gak panik dan sedih ketika anak sakit? Terlebih ketika melihat anak yang biasanya ceria jadi lesu tak berdaya. Anak yang biasanya mau makan macam-macam jadi menolak makanan apapun.

Lalu apakah semua penyakit harus segera dibawa ke dokter dan dikasih obat? Tentu tidak. Ada beberapa penyakit yang memang akan self healing seiring berjalannya waktu. Berikut ini gw kasih tips agar tetap tenang selama anak sakit, ya.

1. Perhatikan dan catat kondisi klinis dan perilaku anak. Hal ini akan memudahkan jika akan membawa anak ke dokter kelak.

2. Cari tahu dokter lain sebagai alternatif jika dokter langganan tidak praktik.

3. Usahakan DSA langganan mau diajak diskusi via WA. Tentu saja dokter tidak akan memberikan diagnosa via WA, tetapi dokter akan membantu kita menentukan langkah apa yanga harus diambil sebelum ke dokter.

4. Cari tahu kemungkinan penyakit pada anak. Sebagai contoh, demam bukanlah penyakit. Tetapi tanda bahwa tubuh sedang berjuang melawan sesuatu. Kenali gejala lain yang memungkinkan. Seperti misalnya sariawan kah? Timbul ruam merah? Blister? Atau yang lainnya.

5. Baca-baca artikel tentang penyakit yang biasa menyerang anak-anak ketika anak sedang tidak sakit. Hal ini untuk menghindari panik saat anak sakit. Jadi ketika anak akhirnya harua sakit, ibu bisa menelaah kemungkinan penyakit yang diderita anak. Membaca artikel pun harus dari website yang terpercaya, sebagai contoh milissehat dan idai agar ibu tidak tersesat dengan mitos.

6. Kenali tanda bahaya dari suatu penyakit. Misalnya diare akibat virus yang tidak mempunyai obat khusus, maka penangannya adalah efek samping dari diare yaitu dehidrasi. Kenali sampai sejauh mana dehidrasi itu wajib langsung dibawa ke dokter.

7. Ketika ke dokter, tanyakan istilah medis untuk penyakit yang diderita anak agar dapat mencari tau lebih lanjut. Jangan lupa tanyakan juga indikasi medis berbahaya maupun pengobatan selanjutnya yang akan diambil jika pengobatan yang sekarang belum berhasil.

8. Banyak berdoa dan bersabar karena anak akan rewel ketika sakit. Ibu yang tenang akan menghasilkan lingkungan yang nyaman untuk anak yang sakit. Tidak perlu panik karena komentar orang lain jika ibu sudah mempunyai ilmu dan dapat mengenali penyakit standar pada anak.

Semoga tipsnya berguna karena overtreatment pada dokter kebanyakan berawal dari ibu yang panik anak sakit. Dan semoga anak-anak kita terhindar dari penyakit serius. Aamiin.

No comments:

Post a Comment