Monday, March 17, 2014

Surat-Surat Menikah ke KUA Part 2

"Kenapa gak nikah sekarang aja? Tuh, di balai nikah bisa kok," tanya pak penghulu.
Gile sih ditembak langsung kayak gini. Hihi.

Yup, hari ini gw daftar nikah ke KUA sama mas pacar, menarik banget. Haha.
Dari kemaren emang gw udah ngurusin ini itu soal pernikahan, termasuk gedung, vendor dan daftar ke KUA Cimanggis. Nah, bedanya hari ini gw daftar ke KUA Tebet, cuma berdua, dan ketemu langsung sama penghulu yg nantinya akan menikahkan kami.

Sebagai informasi, ini ada beberapa berkas yg harus diserahkan ke KUA untuk mendaftar nikah,  berlaku untuk kedua calon mempelai :

1. Surat N1
2. Surat N2
3. Surat N4
4. Surat Keterangan Perjaka/Perawan
5. Fotokopi Kartu Keluarga
6. Fotokopi Akte
7. Fotokopi KTP kedua calon mempelai
8. Fotokopi KTP bapak/wali calon mempempelai wanita
9. Pas Foto 2x3 (5 lembar), 4x6 (2 lembar) dengan latar biru

Selain itu kami juga diminta untuk mengisi form nasihat pernikahan. Walaupun kami udah bilang kalo nasihat pernikahan, doa, dan pembacaan alquran udah kami siapkan sendiri.
Sedangkan untuk biaya administrasi cukup 30rb aja. Tapiii setelah pembayaran ini ada 6 lembar tanda bukti yg harus diserahkan ke 5 pihak (Depag DKI Jakarta, Depag Jakarta Selatan, dll -yg gw juga lupa haha). 1 lembar sebagai tanda terima yg disimpan oleh pendaftar. Well, gw gak melakukan itu sih. Jadi gw dan mas pacar memilih buat diurusin orang KUA aja dengan ngasih uang jalan. Totalnya gw kasih 250rb (udah termasuk biaya administrasi). Yah, kalo kata pak penghulu sih emang gak ada yg ngelakuin itu sendiri, pada akhirnya para pendaftar ini akan bayar aja (siapa yg punya waktu untuk nyetor selembar tanda bukti ke penjuru jakarta sih?).

Oia, yg menarik adalah gw dan mas pacar diceramahin dan diperiksa dulu. Bahkan sampe hal detail tentang kapan kami ketemu sampe pertanyaan agak berat dan serius kayak apa tujuan menikah dan apa hak dan kewajiban sebagai suami istri.
Tentu aja diselingi sama celotehan si pak penghulu, sampe-sampe dikasih tau saat-saat yg baik untuk berhubungan suami istri. Hahahaha.

Diakhir pertemuan dengan calon bapak penghulu, gw agak kaget ketika beliau bertanya tentang berapa jumlah isi amplop yg nanti diberikan. Wow. Dan beliau juga minta ada (minimal) parsel buah selain amplop itu. Agak terang-terangan ya ternyata. Haha. Gw belom bilang mau kasih berapa karena emang belom tau sih. Tapi biasanya kasih berapa sih? Hmm.

And Voila! Setelah hampir 2 jam di KUA untuk daftar dan diceramahin (bahkan diperiksa satu-satu data yg ada), akhirnya (insyaAllah) gw dan mas pacar udah terdaftar di KUA. Tinggal ngingetin pak pengulu lagi beberapa sebelum hari-H.

Deg-degkan gak sih?
Gw beneran mau nikah, euy.

No comments:

Post a Comment