Friday, March 28, 2014

Renungan Saat PMS

"Mungkin sebentar lagi aku meninggal kali, ya mas"
Celoteh gw suatu ketika kepada mas pacar.

Bukan tanpa sebab gw berkata demikian. Pada saat-saat tertentu, misalnya seperti malam ini, gw akan merenungi apa saja yg telah terjadi di kehidupan gw akhir-akhir ini. Untuk bersyukur, untuk mengambil setiap hikmah dari setiap peristiwa.
Dan dalam kehidupan gw yg layaknya roller coaster ini, banyak hal baik yg terjadi disamping beberapa kerikil kecil sebagai bumbu.

Tidak sedikit orang yg bertanya tentang betapa beraninya gw ketika gw memiliki discover dalam usia yg sangat muda. Pun ketika gw lulus S2 sebelum umur 25 tahun. Gw merasakannya. Menurut gw, Allah sangat baik ke gw. Dia memberikan yg gw mau, diwaktu yg tepat. Pas. Gw punya orang tua yg hebat, yg mengajarkan gw untuk selalu membantu orang lain. Mereka mendidik gw untuk selalu berempati dan bersimpati. Ditambah dengan keluarga yg hangat, utuh tanpa kekurangan. Bahagia dalam kebersamaan kami. Walaupun gw dan adek gw ada di bandung selama ini, kami tak putus berinteraksi.

Gw juga punya sahabat dan teman-teman luar biasa. Gw masih mempunyai hubungan baik dengan teman-teman SMP. Dan gw pun masih sering meluangkan waktu dengan geng SMA gw. Walaupun mereka terpencar sampai luar negri, tapi kami sempatkan berkumpul beberapa kali untuk sekedar bertukar cerita dan gosip.

Belum lagi sahabat kuliah gw, temen curhat gw dalam segala kondisi, Jessika. Terkadang kami saling menguatkan. Terkadang kami stress bersama. Terkadang kami saling menangis.
Juga temen kosan gw, Buha. Yg selalu memberikan dukungan. Memberikan gw hiburan. Kadang gw kangen banget sama dia, saat-saat karokean di kosan, nonton film korea bareng. Atau bahkan ketika gw pindah ke kamar dia, untuk sekedar melepas penat ditengah kuliah.

Gak lupa, gw pun punya karunia lain. Gw punya mas pacar yg super duper baik. Walaupun doi kadang gak sabaran, tapi dia cukup betah sama gw yg super manja ini. Udah nyusahin, pundungan, ngeselin lagi. *sabar ya mas*

Gw juga punya ibu yg hebat, beliau mempunyai hati yg lapang. Yg menerima gw sebagai orang baru dalam keluarga. Padahal gw ini cupu banget. Tapi ibu baik banget sama gw, sampe gw udah gak ngerti lagi deh.

Gw selalu bersyukur karena dalam perjalanan persiapan pernikahan gw dan mas pacar, alhamdulillah bisa dikatakan lancar. Kayak jalan tol di jakarta, lah. Lancar, tapi kadang ada aja macet di beberapa titik. Istilahnya, kalo gak gitu gak rame, hehehe.

Lalu tercetuslah pikiran itu, ditengah segala karunia dan nikmat yg kini sedang dihujankan ke gw, apakah gw akan meninggal dalam waktu dekat?
Gw tau, segala hal yg terjadi pada gw belakangan ini adalah cobaan berupa kenikmatan. Dan gw mensyukurinya.
Setelah pemikiran itu muncul, gak lama gw diuji dengan sakitnya papa. Bahkan ini sudah hampir 2 bulan papa sakit. Memang saat ini sudah jauh sangat membaik. Sekali lagi, hanya syukur yg dapat gw panjatkan ke Allah.

Mungkin gw harus lebih banyak bersyukur. Mungkin gw harus lebih banyak bersedekah. Dan mungkin gw harus terus memperbaiki diri menjadi orang yg lebih baik dan berguna.
Teringat satu ayat di Al-Quran. Berasal dari surat yg gw sangat sukai, bahkan sempat menjadi kandidat mahar gw :

Fabiayyi âlâ'i Rabbikumâ tukadzdzi bâ’n, 
(Maka nikmat Tuhanmu yg manakah yg kamu dustakan?)
(Q.S Ar-Rahman)

Lâ bisyay-in min âlâika Rabbî akdzibu
(tidak ada satu pun nikmat-Mu, duhai Tuhanku, yang aku dustakan)

No comments:

Post a Comment