Thursday, September 29, 2016

Toddler Activity : Tips Agar Anak Menyukai Buku

Mas U termasuk yang menyukai buku. Membaca buku adalah salah satu kegiatan rutin sebelum tidur, selain waktu-waktu lain seperti ketika di perjalanan maupun pilihan main pagi.

Jadi jangan heran kalau menemukan buku-buku Mas U tersebar di rumah Uti, rumah Neni, maupun di mobil. Soalnya ini salah satu cara agar Mas U mau duduk anteng di mobil.

Banyak yang menanyakan bagaimana cara agar anak bisa menyukai buku. Berikut ini gw akan memberikan tips agar anak menjadi suka buku :

1. Mulailah dengan diri sendiri. Jika Bunda yang mengajarkan saja tidak suka buku, gimana anak akan suka?

2. Belajar story telling. Anak belum bisa membaca, jadi menceritakan dengan baik tentu saja akan menaikan minat membaca anak. Tidak perlu membaca cerita sesuai dengan tulisan dibuku. Bahkan, ada beberapa buku anak justru minim tulisan namun kaya akan gambar.

3. Carilah buku dengan gambar dan warna yang menarik. Saat pertama kali mengenal buku, anak tidak akan mengerti apa itu cerita dalam buku. Maka hal terpenting lainnya adalah kualitas ilustrasi dan pemilihan warna buku.

4. Jauhi screen! Mulai dari hp, tv, tablet apapun itu. Berikan buku sebagai alternatif karena screen pasti akan lebih menarik secara warna dan gerak.

5. Carilah buku yang menarik. Saat ini banyak sekali buku-buku menarik untuk anak. Memang harganya pun tidak murah, namun gw pribadi lebih menyukai untuk membeli buku dibandingkan memberikan mainan mahal. Di post selanjutnya gw akan berbagi jenis-jenis buku yang menarik untuk diberikan pada anak, bahkan sejak bayi.

6. Buat rutinitas. Untuk kasus Mas U, rutinitas pasti membaca buku adalah sebelum tidur. Mas U boleh memilih buku apa yang akan dibaca. Di luar itu, tentu saja Mas U boleh membaca buku sesukanya. Di usianya yang baru 20 bulan, Mas U sudah punya buku-buku favorit untuk dibaca, loh.

7. Mulailah sedini mungkin. Saat ini mudah sekali mendapatkan buku-buku berkualitas bagus di indonesia. Apalagi dengan adanya event pameran buku yang semakin marak. Jadi jangan jadi alasan kalau mencari buku bagus itu susah ya.

8. Luangkan waktu untuk ke toko buku. Jika ada waktu kosong, misalnya menunggu Ayah yang sedang bertemu Client di Mall, gw akan mengajak Mas U ke toko buku. Dia dapat menghabiskan waktu lama untuk melihat-lihat buku disana. Terkadang kami harus menggendong paksa karena Mas U masih mau main di toko buku.

Sekian tips dari gw. Semoga minat baca anak gak berhenti sampai usia muda, tapi terus meningkat karena buku adalah jendela ilmu :)

No comments:

Post a Comment